Tuesday 21 April 2015

E BUSINESS

1.        Sebutkan apa perbedaan istilah berikut
a.    C2C ( Customer to Customer )
C2C merupakan aktivitas bisnis (penjualan) yang dilakukan oleh individu (konsumen) kepada individu (konsumen) lainnya.C2C dapat dilakukan secara langsung karena banyaknya fasilitas yang memungkinkanhal tersebut.
-          http://www.berniaga.com/
-          http://www.olx.com/
-          http://www.dytoshare.com/
-          http://www.kaskus.co.id/
-          http://www.amazone.com/

b.    B2C ( Business to Customer )
B2C merupakan aktivitas e-business yang dilakukan produsen kepada konsumen dengan menggunakan media elektronik secara langsung. B2C membuat konsumen dapat melakukan pemesanan secara langsung karena produsen sudah mencantumkan harga-harga produk yang dijual.Electronic cash dan secure payment system merupakan contoh nyata aktivitas B2C.
-          http://www.viraindo.com/
-          http://www.apple.com/
-          http://www.hp.com/
-          http://www.blcakberry.com/
-          http://www.tokocamzone.com/

c.     B2B ( Business to Business )
B2B adalah aktivitas transaksi bisnis secara elektronik antara pelaku bisnis dengan pelaku bisnis lainnya. B2B berkaitan dengan permintaan dan pengiriman proposal bisnis. B2B menggunakan sebuah metode pertukaran dokumen bisnis antar perusahaan dengan menggunakan aplikasi komputer dengan format standar yang telah disepakati yang disebut EDI ( Electronic Data Interchange ).
Cohtoh website B2B adalah :
-          http://www.businessinsider.com/
-          http://www.thestreet.com/
-          http://www.money.msn.com/
-          http://www.krakatausteel.com/
-          http://www.alibaba.com/


d.    C2A ( Customer to Administration )
Kategori ini telah muncul dalam dekade akhir ini.  Contoh dari aplikasi C2A seperti e-democracy, e-voting, informasi tentang pelayanan publik dan e-health.  Seperti penggunaan pelayanan konsumen yang dapat menempatkan perhatian, meminta umpan balik atau informasi (dalam aplikasi perencanaan kedepan) secara langsung dari pemerintah/otoritas lokal.

A2C menyediakan sebuah mata rantai komunikasi langsung antara pemerintah (otoritas lokal) dan konsumen.  Sebuah website HR Revenue and Customs, misalnya mengijinkan para konsumen untuk menggunakan kembali dokumen pajak secara langsung dengan website yang aman.  Contoh lainnya adalah mereka yang kewarganegaraan dan masyarakat lokal melayani website yang menginformasikan kepada masyarakat tentang acara-acara komunitas, penutupan jalan dan aktiviatas-aktivitas lain yang berdampak pada jabatan pada pemerintah dan masyarakat.

e.     B2A ( Business to Customer )
Kategori B2A meliputi semua transaksi yang dilaksanakan antar bisnis dan badan pemerintahan dengan penggunaan internet medium.  Kategori ini telah dengan matap ditingkatkan setelah beberapa tahun terakhir ini. 

A2B adalah sebuah cara elektronik yang menyediaka informasi bisnis yang spesifik, seperti kebijakan, peraturan yang secara langsung mengenai bisnis.  Contoh dari kategori A2B adalah solusi kontruksi e-tendering yang memungkinkan kontruksi potensial para pemegang saham untuk menawarkan kepada pemerintah untuk memimpin proyek seperti London Olympic 2012, yang menggunakan peralatan tender secara online.

Contoh dari model B2A adalah http://www.accela.com/, sebuah software perusahaan yang menyediakan akses pelayanan pemerintahan siang malam untuk pengelolaan harta, tanggapan keadaan darurat, perijinan, perencanaan, kesehatan masyarakat dan pekerjaan umum.

2.        Tuliskan contoh-contoh website yang menggunakan konsep berikut
a.    E-bank
-          Bank Internasional Indonesia http://www.bankbii.com/
-          Bank Bukopin http://www.ib.bukopin.co.id/
-          Bank Central Asia  http://www.ibank.klikbaca.com/ 
-          Bank Mandiri http://ib.bankmandiri.co.id/
-          Bank Negara Indonesia http://ibank.bni.co.id/
b.   E-trade
-          https://global.etrade.com/
c.    E-consulting
-          BSP e-consulting http://www.bikasolusi.co.id
-          E & E Consultants, Inc http://www.eandecolsultants.com/

d.   E-Engineer
-          http://www.istructe.org/
-          http://time-e.org/
e.    E-Learning
-          http://www.e-learningforkids.org/
-          http://www.e-dukasi/
-          http://www.besmart.uny.ac.id/


Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment