Tuesday 3 February 2015

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KHUSUSNYA MOBILE DEVICE DARI MASA KE MASA

Teknologi merupakan hasil dari pengetahuan, teknologi tak lain diciptakan oleh manusia bertujuan untuk memudahkan manusia dalam mengerjakan tugas dan yang terpenting yaitu meningkatkan kesehahteraannya.
Teknologi mengalami perkembangan dari zaman masa prasejarah hingga sekarang masa modern. Pada awal masa prasejarah mulai diciptakan alat – alat sebagai komunikasi atau tanda isyarat, seperti gendang dan terompet. Kemudian manusia mulai mengenal huruf, bangsa sumeria lah yang pertama menggunakan symbol sebagai huruf. Baru pada sekitar tahun 105M bangsa china menemukan kertas seperti yang kita gunakan sekarang.
Di masa modern di tahun 1455, mulai ditemukan mesin cetak. Mesin cetak ini dikembangkan Johann Gutenberrg. Kemudian program komputer mulai ditulis pada tahun 1830 oleh Augusta Lady Byron dan menghasilkan mesin yang kemudian disebut dengan komputer digital. Perkembangan teknologi di masa modern sangatlah cepat, setelah ditemukannya komputer digital, berbagai penemuan bermunculan seperti penemuan telegraf oleh Samuel Morse, pager atau radio panggil, telepon oleh Alexander Graham Bell, Kalkulator oleh Vannevar Bush, Komputer elektronik digital yang pertama oleh Dr. John V. Atanasoff dan dibantu oleh Clifford Berry dan puncaknya pada tahun 1973 – 1990 ditemukan internet oleh ARPA yaitu (United States Department of Defense Advanced Research Projects Agency) yang dikenal dengan ARPANET.
Dengan adanya internet, informasi dapat mengalir dengan cepat dan semakin mudah, lebih hemat tenaga, waktu, biaya dan dapat diperoleh dimana dan kapan saja. Apalagi dengan perkembangan mobile device yang bermacam – macam jenisnya yang memudahkan kita berkomunikasi karena ukurannya yang kecil dan mudah dibawa kemana – mana. Salah satu ciri yang paling menonjol dari mobile device adalah display screen yang layar sentuh.
Contoh dari mobile device yang paling populer adalah PDA dan Smartphone. Dengan adanya Enterprise Digital Assistants, mobile device mengalami perkembangan yang signifikan. Perkembangan ini dapat dilihat dari 3 komponen utama dari mobile device sendiri yaitu  : Hardware, software dan jaringan (internet). Berbagai macam mobile device telah dimunculkan mulai dari mobile computers, Handheld Game Console, Media Recorder, Media Players / Displayers, Communication Device, Mobile Phone.

Tentu dengan berkembangannya teknologi akan mempengaruhi gaya hidup masyarakat menjadi era dunia teknologi. Dengan perubahan gaya hidup masyarakat seperti ini maka pekerjaan akan lebih cepat dikerjakan, namun walau teknologi memberikan manfaat yang luar biasa bagi manusia, namun teknologi informasi juga memberikan dampak negatif juga. Kita harus menggunakan teknologi tersebut dengan bijaksana dan arif jangan sampai dengan berkembangnya teknologi ini, kita malah menyalah gunakannya.
Comments
0 Comments

No comments:

Post a Comment