Friday 30 January 2015

ASK.COM

ASK.COM

Mesin pencari adalah program komputer yang dirancang untuk membantu seseorang menemukan file-file yang disimpan dalam komputer, misalnya dalam sebuah server umum di web (WWW) atau dalam komputer sendiri. Mesin pencari memungkinkan kita untuk meminta content media dengan kriteria yang spesifik (biasanya yang berisi kata atau frasa yang kita tentukan) dan memperoleh daftar file yang memenuhi kriteria tersebut. Mesin pencari biasanya menggunakan indeks (yang sudah dibuat sebelumnya dan dimutakhirkan secara teratur) untuk mencari file setelah pengguna memasukkan kriteria pencarian.

Dalam konteks Internet, mesin pencari biasanya merujuk kepada WWW dan bukan protokol ataupun area lainnya. Selain itu, mesin pencari mengumpulkan data yang tersedia di newsgroup, database besar, atau direktori terbuka seperti DMOZ.org. Karena pengumpulan datanya dilakukan secara otomatis, mesin pencari berbeda dengan direktori Web yang dikerjakan manusia.

Keberadaan search engine sungguh sangat membantu mempermudah aktivitas pengguna internet dalam menemukan informasi yang dibutuhkan. Hal ini karena setelah kita terhubung dengan Internet, ada kalanya kita hendak mencari suatu informasi tetapi bingung dimana letak atau nama situsnya. Tidak jarang pula terkadang kita jenuh dengan situs yang tiap hari itu-itu saja yang kita kunjungi. Penulis masih ingat bagaiamana dulu harus menggunakan lembaran daftar nama situs yang harus dibawa manakala pergi ke warnet untuk mengingat alamat situs yang menyediakan informasi tertentu. Ini sangat merepotkan, terlebih lagi karena ketika kita membuka suatu situs, kita tidak seketika mendapatkan informais yang kita inginkan. Ambil contoh misalnya ketika informasi tersebut ada di arsip situs tersebut, tentu kita perlu membolak-balik halaman-demi-halaman dari situs tersebut untuk menemukan informasi yang diharapkan. Ini tentu tidak efisien. Namun dengan menggunakan pencarian via search engine kita bisa menemukan alamat situs yang kita cari karena search engine memiliki jutaan hingga miliaran database yang berisi alamat-alamat situs dan informasi yang berserakan di Internet.

A.      ASK.COM

Ask.com merupakan salah satu mesin pencari ( search engine ) yang kini sedang populer. Ask yang memiliki arti dalam Bahasa Indonesia : “Tanyakan” adalah sebuah mesin pencari yang berdiri sejak tahun 1996 oleh Garret Gruener dan David Warthen di California. Situs ini dapat mencari informasi secara detail, cara kerjanya mirip google. Browser ini memiliki kemampuan untuk menguraikan data lebih banyak serta menampilkan link lain yang masih memiliki hubungan yang relevan. Ask mempunyai kemampuan simantik dan ekstraksi guna mengenali jawaban-jawaban terbaik untuk pertanyaan user.
Cara kerjanya tidak jauh beda dengan google, user tinggal memasukan keyword lalu klik search. Maka user akan menemukan sederetan hasil beserta link yang mengantar user menuju hasil yang masih relevan. Situs ini di lengkapi beberapa tab yang di katagorikan dalam web, images, dsb.

B.       SEJARAH ASK.COM

Pada awalnya, ask.com bernama ask jeeves. Jeeves adalah nama pelayan yang mengambilkan jawaban dari setiap pertanyaan yang diberikan. Sesuai dengan namanya, Ask.com dapat diartikan menjadi mesin pencari yang memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan jawaban dari setiap pertanyaannya. Dari bahasa alami, mencari kata kunci tradisional, sampai masalah matematika, kamus, dan konversi pertanyaan.

  • Pada tanggal 27 Februari 2006, ask.com semakin berkembang dan menyempurnakan fasilitas-fasilitasnya setelah ask jeeves menghilang untuk sesaat.
  •  Pada tanggal 16 Mei 2006, ask.com menerapkan situs Binocular Preview ke dalam hasil pencarian.
  •  Pada bulan Desember 2007, ask.com meluncurkan fitur ask eraser, yang berguna untuk opt-out dari pelacakan, permintaan pencarian, dan IP. Bahkan ask.com bersumpah akan menghapus fitur ini jika selama 18 bulan tidak ditetapkan.
  •  Pada tanggal 4 Juli 2008 Inter Active Corp merilis akuisisi Lexico Publishing Group yang memiliki Dictionary.com, Thesaurus.com, dan Reference.com.
  • Pada tahun 1999, perusahaan tersebut melakukan IPO (Initial public offering) di saat dimana era internet dot com mulai populer, dan berjalan dengan baik.
  •  Pada tanggal 20 April 2009, jeeves kembali muncul di sisi kiri halaman dengan nama ask.co.uk, tapi masih menampilkan karakter yang sama.
  •  Pada tanggal 14 Januari 2009, menjadi sponsor utama selama 29 balapan musim itu. Karena hal ini ask.com resmi menjadi mesin pencari untuk mobil Nascar.
  •  Namun beberapa tahun kemudian, search engine Google merebut kemenangan persaingan dengan Ask.com. Akhirnya pada tahun 2005 Ask.com dibeli oleh konglomerat internet InterActiveCorp (IAC) sebesar USD1,85 miliar.
  •  Pada tahun 2010, lima tahun kemudian, IAC sebagai pemilik Ask.com, belum menemukan cara agar mampu  bersaing dengan mesin pencari lain. Sampai ada berita yang mengejutkan, seperti yang dikutip dari Mashable, Rabu (10/11/2010) “Hari ini (10/11-2010) adalah hari terakhir search engine Ask.com  sebagai layanan mesin-pencari. Website mesin pencari yang dulunya adalah salah satu terbesar di dunia ini kini merelakan para pegawainya untuk pindah ke Google dan Microsoft.” Layanan berita keuangan Bloomberg juga menyebutkan bahwa, IAC akan menghentikan sebagian pegawainya di New Jersey dan China, serta menghentikan pengembangan teknologi pencarian algoritma mereka, dan kembali fokus pada layanan Question dan Answer (Q&A) yang sudah diluncurkan pada musim panas 2010.

C.  FITUR DAN FASILITAS ASK.COM

Dari segi penampilan, Ask.com bisa dikatakan unik dan berbeda dari mesin pencari yang lain, pada tampilan awal, Ask.com lebih mengedepankan pertanyaan-pertanyaan dari pengunjung, mungkin dari sinilah Ask.com menjadi mesin pencari yang populer saat ini. Ask.com juga memiliki fitur Q&A Community yang fungsinya mirip sekali dengan Yahoo Answers.

Q&A Community sendiri adalah kepanjangan dari Quest and Answer Community, yang dalam bahasa Indonesia berarti Komunitas Tanya dan Jawab. Sesuai dengan namanya, di sini kita bisa menanyakan segala sesuatu dan kita pun bisa memberi jawaban kepada yang bertanya.


Dalam pencariannya Ask.com membagi menjadi beberapa kelompok, yaitu :
1.    Web untuk pencarian website


Gambar 2. Halaman Pencarian Website
2.    Image Search
Mencari gambar sesuai kata kunci yang anda masukkan.

Gambar 3. Halaman Pencarian Image
3.    News Search
Menemukan dengan cepat semua berita lokal dan internasional.

Gambar 4. Halaman Pencarian Berita
4.    Video Search
Mencari gambar sesuai kata kunci yang anda masukkan.


Gambar 5. Halaman Pencarian Video

5.    Question and Answer

Gambar 6. Halaman Question And Answer
6.    Pencarian Lokasi
Menemukan peta dan petunjuk rinci yang anda butuhkan.

Gambar 7. Halaman Pencarian Lokasi




7.    Shopping Search
Mencari informasi belanja terbaru dari review, fitur, harga, bahkan lokasi toko yang ingin anda cari.

Gambar 8. Halaman Shoping Search
8.    Ask Blog
Fitur ini untuk mencari blogosphere menggunakan algoritma yang unik dengan menggabungkan teknologi pencarian ask.com dan bloglines data langganan.


D.  CARA KERJA ASK.COM

Pada Search Engine Ask.com ini memiliki cara kerja yang hampir sama dengan semua jenis search engine yang ada selama ini. Sistem kerja dari search engine ini adalah :

  •  Dengan meng-copy atau melakukan penyimpanan terhadap setiap bentuk data – data yang dimiliki olah sebuah website.
  • Hasil dari kopiannya tersebut lalu dimasukkan / disimpan dalam database yang terdapat pada search engine itu sendiri.
  • Dari hasil penyimpanan database tersebut maka akan tercipta suatu bentuk kata – kata kunci yang gunanya nanti untuk menghubungkan dengan data-data yang ingin dicari.
  • Sifat kerjanya adalah dengan mencocokkan kata – kata kunci tersebut dengan data – data yang terdapat pada databasenya tersebut.
  •  Setelah melakukan pencocokan kata – kata kunci dengan data – data yang tersimpan pada databse maka search engine tersebut akan segera menampilkan semua bentuk dari data – data yang kita cari yang sekiranya memiliki nama atau judul dengan kata – kata kunci yang kita masukkan.
  •   Selanjutnya adalah tugas kita untuk memilih data apa yang akan kita buka. Setelah kita memilih maka secara otomatis search engine akan segera menghubungkan kita dengan website yang datanya terdapat dalam database search engine dan yang kita sudah pilih tadi.
  •  Search engine selalu melakukan pembaharuan database dengan secara berkala melakukan “monitor” terhadap website – website yang ada di seluruh dunia maya ( internet )
  • Hasil dari pembaharuan yang terjadi pada suatu website akan segera dicocokan dengan database search engine dan kemudian dilakukan penyimpanan jika ditemukan bentuk pembaharuan atau perubahan dari waktu yang sebelumnya.
  •  Pada search engine Ask ini sekarang memiliki versi terbaru yang kecepatannya 30% lebih cepat dibandingkan dengan versi sebelumnya.

E.  TEKNIK PENCARIAN ASK.COM

Seperti halnya dengan google.com, ask.com mempunyai istilah-istilah tersendiri untuk mempersempit pencarian anda dengan ask.com.Dalam fitur advanced search option, memberi kemudahan anda untuk mempersempit pencarian anda.Misalnya jika anda tidak menentukan bahasa yang anda gunakan, maka hasil pencarian akan muncul dalam semua bahasa yang disediakan ask.com.Berikut ini beberapa teknik pencarian dalam ask.com.
Advanced Search Option :
-          Location of Word
Memungkinkan anda untuk menentukan dimana istilah itu.Apakah dalam halaman, judul halaman, atau URL.
-          Domain
Memungkinkan anda untuk menemukan istilah yang anda cari hanya dalam domain tertentu.Misalnya anda hanya ingin mencari dalam lingkup www.microsot.com.
-          Language
Mencari istilah tertentu dalam bahasa tertentu.
-          Country
Mencari istilah hanya dalam lingkup suatu negara tertentu.
-          Find Result With
Memungkinkan mempersempit istilah yang anda cari.Anda dapat menentukan panjang istilah yang anda cari.
-          Page modified
Memungkinkan anda mencari istilah hanya dalam situs Web yang telah diperbarui dalam jangka waktu tertentu.
Gambar 10. Halaman Advance Search
Ada juga cara penelusuran selain Advanced search option di atas.Teknik yang digunakan hampir sama dengan teknik yang digunakan dalam google.com.Berikut ini adalah teknik-teknik yang apat anda gunakan dalam pencarian dengan menggunakan ask.com :
a)    “Istilah” (tanda kutip)
Dengan cara ini anda dapat mencari istilah hanya dalam tanda kutip.Misalnya “Muhammad Abduh”.
b)   Tanda plus (+)
Kata atau frase (dengan tanda kutip) yang anda cantunkan setelah tanda (+) akan ikut tercantum dalam hasil pencarian anda.Misal, Abu Bakar+Umar.
c)    Tanda minus (-)
Mengecualikan istilah yang anda cantumkan setelah tanda (-).Misal, Windows-xp.
d)  OR(uppercase)
Ini akan mencakup salah satu  istilah yang anda cantumkan.Misal, Coca cola OR sprit.
e)  Intitle
Jika intitle diikuti kata atau istilah, maka akan mencari sebagai judul.pastikan anda tidak menggunakan spasi antara operator dengan istilah.Misal, intitle:”Emansipasi Wanita”.Maka kata Emansipasi Wanita akan muncul sebagai judul.
f)  Inurl
Inurl diikuti dengan istilah atau kata, maka akan mencari dokumen yang istilah itu ada dalam URL.Sekali lagi jangan menggunakan spasi antara operator dan istilah.Misal, inurl:Linkin Park.
g)  Site
Jika anda mencari sebuah istilah kemudian menambahkan site:domain, maka pencarian akan tertuju pada dokumen dalam suatu domain tertentu.Misal, Manchester United site:kompas.com.Maka hasil akan berasal hanya dari situs kompas saja.
h)  Inlink
Inlink diikuti dengan istilah tertentu akan mencari dokumen yang mengandung istilah tertentu dalam jangkar teks.Misal, inlink:W3C.
i)   Afterdate
Jika anda memasukkan suatu istilah kemudian diikuti afterdate:tanggal dengan format  YYYYMMDD[1],maka akan mencari dokumen yang terjadi setelah tanggal  itu.Misal, Gempa afterdate:20091203.
j)  Beforedate
Istilah yang anda masukkan kemudian diikuti beforedate:tanggal dengan format yang sama, maka akan mencari dokumen yang ada sebelum tanggal tersebut.Misal, War beforedate:20081211.
k)  Betweendate
Istilah yang anda cari kemudian diikuti betweendate:tanggal permulaan,tanggal berakhir.Maka akan mencari dokumen yang ditemukan diantara tanggal diatas.Pastikan format tanggal sama dengan yang diatas.Misal, Pemilu betweendate:20020212,20091102.
l)   Last
Istilah yang anda cari diikuti oleh last:variabel waktu, maka akan mencari dokumen yang ditemukan dalam variabel tertentu.Misal, Footballmatch last:5months.
Didukung oleh jangka waktu :
Dalam satu minggu : last:week
Dalam dua minggu  : last:2weeks
Dalam satu bulan    : last:month
Dalam 6 bulan        : last:6months
Dalam satu tahun    : last:year
Dalam dua tahun     : last:2years

F.   KEKURANGAN DAN KELEBIHAN ASK.COM

-          KELEBIHAN
1.     Mengidentifikasi metasites Perbaiki fitur untuk berfokus pada komunitas web.
2.     Ask.com akan mencari situs penyedia jawaban untuk pertanyaan yang diberikan.
3.     Lebih canggih dan akan menampilkan lebih banyak informasi pada halaman pertama hasil pencarian ketimbang Google dan Yahoo.
4.     Background dari mesin pencari Ask.com ini bisa diganti-ganti
-          KEKURANGAN
1.    Databasenya kecil.
2.    Fitur kurang lengkap
3.    Dari segi tampilan di tinjau biasa saja karena lebih diandalkan dalam pencarian kata.
4.    Tidak adanya pengelompokkan data khususnya dalam pembukaan gambar.
5.    Tidak ada kemampuan untuk hasil uncluster agar dengan mudah melihat lebih dalam dua hits per situs Tidak ada salinan cache dari halaman
















1 comment:

  1. Online Poker with baccarat tables - FEBCASINO
    Free casino and poker tournaments with baccarat tables! Baccarat 메리트카지노총판 is one of 바카라 사이트 the most popular 제왕 카지노 games in the casino world, the Baccarat Table game is played in pairs

    ReplyDelete